Minggu, 23 Agustus 2015

Berwisata Sambil Belajar di Taman Pintar Yogyakarta

Kota Yogyakarta memang selalu memiliki sejuta pesona di dalamnya. Wajar saja karena kota yang dijuluki sebagai kota gudeg ini memang memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Yogyakarta memiliki beragam objek wisata, baik alam maupun hiburan. Namun ternyata tak hanya itu saja, Yogyakarta yang dijuluki sebagai kota pelajar juga memiliki wisata edukasi yang sangat menarik, yaitu Taman Pintar Yogyakarta. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai objek wisata bagi Anda yang membawa anak-anak.
Taman Pintar Yogyakarta merupakan sebuah wahana wisata yang memadukan tempat wisata rekreasi dan edukasi dalam satu lokasi yang sama.  Objek wisata ini terletak di Jalan Panembahan Senopati nomor 1 – 3 Yogyakarta, dekat dengan kawasan Benteng Vredeburg. Lokasi Taman Pintar menjadi satu pada pusat perbelanjaan buku eks Shopping Centre. Taman Pintar memiliki 35 zona yang berisi sekitar 3.500 alat peraga permainan edukasi.

Di dalam tempat ini ada arena permainan edukasi yang dibagi menjadi beberapa zona, meliputi Playground, gedung PAUD, Gedul Oval, Gedung Memorabilia, dan Planetarium. Playground merupakan tempat permainan yang disediakan untuk pengunjung. Tempat ini berisi berbagai peralatan peraga edukasi yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Gedung PAUD juga tidak beda jauh, namun peralatan peraga dan permainannya ditujukan khusus bagi anak-anak yang berusia Pra-TK hingga TK. Gedung Oval berisi peralatan peraga edukasi sains yang bisa diakses seluruh pengunjung. Sedangkan Gedung Memorabilia berisi peralatan peraga tentang pengetahuan sejarah di Indonesia dan Planetarium berisi peralatan peraga berupa pertunjukkan film tentang tata surya dan antariksa.

Beberapa permainan di Taman Pintar memiliki nama-nama unik seperti jembatan goyang, dinding berdendang, koridor air, parabola berbisik, cakram spektrum warna, pipa bercerita, desaku permai, dan masih banyak lainnya. Di depan Gedung Oval juga ada Gong Perdamaian Nusantara yang dikelilingi logo dari seluruh provinsi di Indonesia.

Pemerintah Kota Yogyakarta membangun Taman Pintar untuk memperkenalkan sains secara lebih dini kepada anak-anak. Harapannya Indonesia bisa menciptakan teknologi sendiri, tidak hanya menjadi sasaran pasar teknologi saja. Secara resmi Taman Pintar Yogyakarta diresmikan pada 16 Desember 2008 oleh Susilo Bambang Yudhoyono selaku Presiden RI saat itu.

Objek wisata edukasi ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. Untuk hari Senin tutup, kecuali saat hari libur nasional. Untuk tiket masuk, dibagi menjadi beberapa pilihan. Tiket masuk ke lokasi dipatok sekitar Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 18.000 untuk dewasa. Sedangkan masuk ke dalam beberapa zona juga diharuskan membayar tiket. Misalnya, untuk masuk ke Gedung PAUD harus membayar tiket Rp 3.000, Planetarium Rp 15.000, dan Gedung Oval Rp 5.000 (untuk anak-anak) dan Rp 10.000 (untuk dewasa). Namun harganya bisa menjadi lebih murah jika rombongan.


Saat Anda mengunjungi tempat ini bersama keluarga, Anda juga bisa mengelilingi objek wisata lainnya yang ada di Yogyakarta. Lokasi Taman Pintar sangat strategis dan berada di tengah kota. Beberapa objek wisata lainnya yang berada di dekat Taman Pintar antara lain Malioboro, Istana Presiden, Benteng Vredeburg, Tugu Yogyakarta, Kraton Yogyakarta, Alun-alun, dan berbagai pusat perbelanjaan. Letaknya juga berada tidak jauh dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan. Anda juga bisa sekaligus berbelanja oleh-oleh yang berada daerah Patuk. Di lokasi Taman Pintar juga tersedia food court yang bisa memanjakan perut Anda dengan sajian kuliner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar