Minggu, 30 Agustus 2015

Taman Bungkul Surabaya: Menikmati Suasana Hijau di Taman Terbaik se-Asia

Surabaya sebagai kota pahlawan memang selalu menyimpan berbagai spot-spot terbaik yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sebut saja Tugu Pahlawan, Jembatan Suramadu, Pantai Kenjeran, hingga Museum House of Sampoerna. Namun tak hanya itu saja. Kota yang menjadi ibu kota Provinsi Jawa Timur ini juga dikenal memiliki banyak taman-taman cantik yang sangat dilindungi. Udara panas dan terik yang ada di Kota Surabaya memang sering dikeluhkan sebagian masyarakat atau turis. Untuk menanggulangi masalah ini, pemerintah Kota Surabaya membuat beberapa taman yang hingga saat ini sangat dijaga dan dirawat keasriannya.
Salah satu taman yang cukup terkenal di Kota Surabaya ialah Taman Bungkul. Taman Bungkul terletak di Jalan Raya Darmo, tepatnya berada di jantung kota Surabaya. Taman wisata kota ini digunakan untuk menikmati suasana hijau yang berada di tengah kota. Kota Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia memiliki penduduk yang padat. Sehingga jumlah kendaraan di jalanan tentunya juga banyak, polusi udara yang ditimbulkan pun demikian. Ditambah lagi, udara di kota pahlawan ini cukup terik. Jadi, taman ini sangat berperan dalam penghijauan di Kota Surabaya.
Taman dengan luas 900 meter persegi ini memiliki beberapa fasilitas yang dapat dinikmati para pengunjung antara lain jogging track, taman bermain anak-anak, sarana papan luncur, amfiteater dengan diameter sebesar 33 meter, plaza untuk event, makam, area green park beserta kolam air mancur, BMX track, telepon umum, pujasera, dan akses wifi gratis. Nama Taman Bungkul awalnya berasal dari Mbah Bungkul atau Ki Ageng Supo (Gelar untuk Sunan Bungkul), seorang ulama di Kerajaan Majapahit pada abad ke-15. Makam Mbah Bungkul terletak di Taman Bungkul bagian belakang. Jadi tak heran apabila Taman Bungkul juga sering dijadikan sebagai tempat berziarah.
Banyak event di Kota Surabaya yang sering digelar di Taman Bungkul, seperti Car Free Day yang rutin digelar setiap hari Minggu pagi. Dalam event CFD (Car Free Day) ini, akses sepanjang Jalan Darmo (1,75 kilometer) ditutup mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB untuk berolahraga, jalan-jalan santai bersama kerabat atau keluarga, maupun sekedar mencicipi jajanan di sepanjang jalan. Beberapa komunitas pun turut meramaikan CFD Darmo ini, seperti komunitas pecinta reptil, anjing, burung hantu, dan masih banyak lainnya. Selain CFD, Taman Bungkul juga sering diramaikan acara lain seperti hiburan, seni, edukatif, dan budaya.
Sebagai salah satu icon Kota Surabaya yang menarik dan mempesona, Taman Bungkul memang patut dibanggakan. Sebab taman yang resmikan pada 21 Maret 2007 ini mendapatkan penghargaan “The 2013 Asia Townscape Award” atau taman terbaik se-Asia oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Pantas saja Wali Kota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini, dan seluruh warga Surabaya sangat menjaga taman ini.
Apabila Anda ingin mengunjungi Taman Bungkul atau objek wisata lainnya yang ada di Surabaya, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Surabaya memiliki banyak transportasi umum yang cukup memadai seperti bus kota atau angkutan kota (angkot). Selain itu, Anda juga bisa menyewa mobil agar bisa lebih leluasa berkeliling. Salah satu rental mobil yang memiliki kredibilitas tinggi ialah City Home Rent Car. Rental mobil yang satu ini menawarkan berbagai armada mobil yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Anda bisa menyewa mobil Alphard, Avanza, Xenia, dan Luxio. Berbagai paket sewanya juga beragam, Anda bisa menyewa selama 12 jam dalam kota, 24 jam dalam kota, jemput di bandara, paket bulanan, dan berbagai kebutuhan lainnya yang bisa Anda ajukan ke customer service City Home Rent Car.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar